Jumat, 24 Juli 2009

Fokus pada proses

Dalam pembelajaran, projek dinilai pada berbagai konteks dan untuk berbagai tujuan, dari penilaian formatif dan diagnostic (yang berupa tugas bersama) hingga penilaian sumatif (yang berupa penilaian individu). Penilaian projek juga dapat menilai keterampilan maupun pengetahuan yang memerlukan aplikasi, sperti: merencanakan dan mengorganisasi penelitian, bekerja dalam kelompok, penyelesaian masalah, evaluasi terhadap temuan, dan arahan diri. Adapun manfaat dari kerja projek adalah untuk menilai kemampuan siswa pada waktu melakukan kerja individu maupun kerja kelompok, kemampuan dalam mengatur/mengorganisasikan waktu dan kemampuan untuk merancang tugas secara berurutan.

Pada tulisan ini akan dibahas cara-cara menilai keterampilan projek yang sifatnya lebih umum, yaitu: perencanaan dalam menilai, cara membuat spesifikasi, cara pencatatan dan penilaian, dan cara melaporkan prestasi.

1. Perencanaan Penilaian

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru pada waktu merencanakan penilaian projek adalah:
o Adanya kesesuaian antara pengetahuan,
o Jenis keterampilan, dan
o Tujuan pembelajaran

Aktivitas inilah yang dijadikan sebagai sumber bukti tercapainya tujuan pembelajaran. Agar aktivitas projek benar-benar dapat dijadikan barang bukti, maka guru harus mampu mengelola projek. Siswa jangan diberi keleluasaan mutlak, misalnya, untuk memilih topiknya sendiri (apabila tipok terlalu sempit, sukar untuk mendapatkan informasi yang memadai waktunya terbatas).


2. Pembuatan Spesifikasi Penilaian Projek

Guru mempunyai sejumlah strategi di dalam membantu siswa untuk membuat perencanaan yang efektif dalam kerja projek, yaitu: pemilihan topik, pembuatan diagram tentang topik yang akan diteliti, pembuatan rincian tentang tahapan kerja, dan monitoring terhadap kerja projek.

a. Pemilihan topik

Pemilihan topik dilakukan berdasarkan buku petunjuk yang dibuat oleh guru. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memilih topik yang sesuai sehingga topik yang dipilih tidak terlalu luas atau terlalu sempit .

b. Pembuatan diagram tentang topic yang akan diteliti

Penggunaan konsep diagram ini bertujuan untuk mempermudah siswa didalam melihat hubungan antara ide atau topik yang diteliti. Diagram ini merupakan representasi visual dari hubungan konseptual yang sangat bermanfaat di dalam perencanaan projek. Adapun manfaatnya antara lain: memfokuskan siswa pada area yang dieksplorasi, menilai proses perencanaan siswa dengan cara, misalnya, melihat jumlah konsep yang terdapat pada map atau melihat kata-kata penghubung, jenjang dari konsep dan ‘stylo’ dari diagram tersebut.

c. Pembuatan rincian tentang tahapan kerja

Proses penelitian skala kecil ini diformulasikan oleh guru dengan cara memberikan lembar kerja projek kepada siswa. Tujuannya agar siswa dapat membuat kerangka proposal projek beserta strategi kerjanya. Dengan lembaran ini, siswa dapat merencanakan tahapan-tahapan yang akan dilakukan sebelum mereka memulai penelitian. Selain itu guru dapat menilai kemampuan perencanaan projek yang dibuat siswa.

d. Monitoring terhadap kerja projek

Terdapat beberapa metode yang digunakan gur untuk membantu siswa di dalam memonitoring kemajuan kerja projeknya. Diantara metode tersebut, anara lain: memberikan jadwal untuk masing-masing tahapan, memberikan lembar kemajuan kerja. Sumber perkembangan ini dapat berbentuk checklist yaitu daftar seluruh kegiatan yang harus dilakukan siswa. Setiap kali siswa melakukan suatu tahapan, guru memberi tanda (“) pada tahapan tersebut.


3. Penilaian dan Pencatatan

Mutu dan manfaat informasi yang diperoleh dari pengamatan kerja siswa dapat diperbaiki oleh guru dengan cara memfokuskan pengamatan pada hasil pembelajaran yang penting dan dengan cara mencatat pengamatan secara sistematik menggunakan ‘checklist’, holistic atau skala penilaian analitik. Informasi tersebut diperoleh guru melalui penilaian yang dilakukan oleh siswa sendiri, penilaian antar-kelompok siswa, atau melalui penilaian yang dilakukan oleh guru.

a. Penilaian yang dilakukan oleh siswa sendiri

Keikutsertaan siswa di dalam penilaian kerja projek bertujuan untuk membangkitkan semangat mereka di dalam merefleksikan keterampilan umum yang mereka lakukan pada waktu kerja projek. Pada penilaian ini guru dapat memberikan beberapa macam format, diantaranya berupa skala penilaian analitik.


b. Penilaian antar-kelompok siswa

Penilaian ini dilakukan oleh kelompok kerja yang terdiri dari beberapa siswa yang bekerja bersama-sama sebagai suatu tim. Kelompok ini melakukan evaluasi terhadap kemajuan kerja kelompoknya sekaligus hal ini digunakan sebagai bukti kemampuan siswa bekerja dalam kelompoknya.

c. Penilaian yang dilakukan oleh guru

Terdapat sejumlah teknik yang digunakan oleh guru untuk memfokuskan pengamatannya pada proses kerja siswa, yaitu: lembar log, checklist, petunjuk penilaian holistic dan analitik.


4. Pelaporan

Informasi mengenai keterampilan umum siswa dapat diperoleh guru dari hasil pengamatan projek. Informasi ini selanjutnya dapat digunakan untk melaporkan prestasi siswa maupun untuk monitoring kemajuannya. Dalam monitoring, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru, yaitu: membuat perkiraan yang seimbang, mengkombinasikan nilai dari projek dengan nilai projek lainnya, dan memonitoring perkembangan keterampilan dalam projek.

a. Membuat perkiraan yang seimbang

Proses penilaian prestasi siswa dapat dilakukan secara langsung apabila pengamatan dan perkiraan kerja projek mengukur hasil belajar yang terdapat pada kompetensi yang harus dikuasai.

b. Mengkonbinasikan nilai projek dengan nilai lainnya

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai prestasi siswa dalam bidang tertentu. Penggabungan nilai dari beberapa projek sangat memungkinkan karena banyaknya keterampilan projek yang terdapat di dalam pembelajaran.

c. Memonitor perkembangan keterampilan pada lintas bidang pembelajaran

Apabila pendekatan keterampilan proses diterapkan, maka keterampilan, seperti mengumpulkan, menganalisa, dan mengorganisasikan informasi dapat digunakan sebagai sarana menilai kemampuan siswa.



RELATED ARTICLE


0 komentar:

Sabtu, 25 Mei 2013
Grab this Widget ~ Blogger Accessories